Kamis, 2 Februari 2012 08:24:24
Bismillaahirrahmaanirrahiim
PENGALAMAN PENULIS BERSAMA
AL-USTADZ MARZDEDEQ RAHIMAHULLAAHU TA'ALA
Thifan Po Khan dan Syufu Taesyukhan termasuk beladiri klasik yang masih
terjaga keashliannya. Hal ini didukung oleh dua paktor :
1. Faktor kesinambungan pengajaran,
2. Ada kitab aslinya.
Penulis akan memaparkan beberapa pengalaman penulis berkenaan
dengan " KIPRAH AL-USTADZ MARZDEDEQ RAHIMAHULLAAHU
TA'ALA DALAM MENGEMBANGKAN THIFAN PO KHAN DAN SYUFU
TAESYUKHAN".
Penulis mulai kenal Thifan Po Khan ketika penulis mondok di Pesantren
Persis Bentar Garut tahun 1987, dengan pembimbing Al-Ustadz Pupu. Pada
waktu itu beliau pernah mengajak penulis bertemu Al-Ustadz Marzdedeq di
Bandung dan itu perkenalan pertama penulis dengan Allaahu Yarham Al-
Ustadz Marzdedeq.
Pada tahun 2005 penulis pernah mengalami cedra serius akibat latihan
Thifan dan penulis bolak-balik berobat ke Allaahu Yarham Al-Ustadz
Marzdedeq. Pada kesekian kali pengobatan, beliau memanggil penulis yang
intinya supaya penulis belajar Thifan langsung ke beliau dengan beberapa
teman penulis yang tergabung dalam PERSUDARAAN THIFAN PO KHAN
INDONESIA ( PTI ).
Al-Ustdaz Marzdedeq Rahimahullaahu Ta'ala merasa prihatin dengan
perkembangan Thifan yang beliau rintis mulai tahun 1970, pada tahun 2005
Thifan Po Khan di bawah beliau terpecah dalam beberapa wadah, kata
beliau ketika itu sampai lebih kurang 18 aliran . Setelah beberapa kali kami
belajar kemudian beliau mengundang beberapa kelompok Thifan, lalu beliau
mencetuskan ide untuk menyatukan Thifan di bawah beliau dalam wadah "
PERAUDARAAN THIFAN PO KHAN INDONESIA ( PTI ). Ketika itu kami
sepakat untuk menerima ide tersebut yang dituangkan dalam penandatangan
bersama . Dalam perjalanannya ternyata pengaharapan Al-Ustadz
Marzdedeq Rahimahullahu Ta'ala belum bisa dilaksanakan dengan baik.
Pengharapan beliau yang utama adalah supaya tamid-tamid Thifan kembali
kepada kitab Thifan Po Khan dan begitu pula Syufu Taesyukhan. Keahlian
beliau adalah dalam Thifan Po Khan adapun Syufu Taesyukhan beliau
pernah belajar dan tidak selesai tetapi beliau mampu membaca kitab Syufu
Taesyukhan.
Beberapa pengalaman penulis ketika belajar ke Al-Ustadz Marzdedeq
Rahimahullaahu Ta'ala mulai tahun 2005 sampai wafatnya dan mudah-
mudahan ada hikmahnya bagi pembaca terutama tamid Thifan Po Khan dan
Syufu Taesyukhan.
1. Beliau sering membuka pembelajaran kami dengan petuahnya
terutama pada dua tahun pertama pembelajaran kami dengan beliau : "
ARUNG-ARUNG SAMPAI DI UJUNG BERLAYAR SAMPAI DI TEPIAN"
, maksudnya kalau belajar harus sampai selesai , kalau belajarnya
setengah-setengah tidaklah bermamfaat atau sangat sedikit
mamfaatnya baik bagi dirinya terlebih bagi orang lain. Beliau
menjelaskan bid'ah dalam syara neraka, bid'ah dalam latihan celaka.
2. Kitab Thifan telah menyebar kemana-mana dan tidaklah beliau hawatir
dengan hal itu, karena untuk mempelajari kitab tersebut itu ada kunci-
kuncinya. Dalam pendahuluan kitab Thifan Po Khan dijelaskan : "
Tiadalah sebarang orang dapat mengartikan atau mengkajinya bagi
seorang awam dalam ilmu ini, maka ia harus empunya seorang
pembimbing " . Maksud awam di sini tidak tahu cara menterjemahkan
ilmu Thifan / kitab Thifan Po Khan.
3. Beliau sangat marah ketika dikatakan latihan Thifan Po Khan ujung-
ujungnya turgul/kelahi. Beliau menukil ungkapan dalam muqodimah
kitab Thifan Po Khan : " Semoga segala olah laku tamid itu tiada lepas
dari tujuan suci mengikat diri pada tali Allaah mempertahankan Haq dan
akan mereka yang mempergunakan ilmu ini pada jalan bathil semoga
terompang barahlah mereka itu .
4. Beliau menjelaskan senam dan jurus Thifan Po Khan sudah baku tidak
boleh dirubah-rubah dan sebagai patokannya adalah Kitab Thifan Po
Khan sendiri, demikian juga halnya dengan Syufu Taesyukhan. Ilmu
Thifan demikian Syufu sudah diuji dalam berbagai peperangan
sebelum dibukukan pada abad ke-16 M, jika kita merubahnya tidaklah
pas karena orang dulu akan lebih baik dalam ilmu beladirinya.
5. Beliau menjelaskan setiap ilmu beladiri punya alur masing-masing
dengan kata lain sudah satu paket. Tidak boleh menyatukan satu
beladiri dengan beladiri lain sebab akan menyebabkan cedra bagi
orang itu, termasuk juga menyatukan Thifan Po Khan dan Syufu
Taesyukhan.
6. Beliau menjelaskan latihan Thifan Po Khan boleh dari umur 10 tahun,
kurang dari itu anak belum bisa diarahkan dan sangat bahaya kalau
bermain yang ujungnya akan memukul dan menendang temannya.
Adapun Syufu Taesyukhan diajarkan kepada orang yang sudah
berumur 18 tahun ke atas , punya perawakan badan yang kekar dan
tingginya di atas rata-rata orang Melayu dan Cina sekitar 170 cm ke
atas.
7. Beliau menjelaskan setiap Tamid Thifan Po Khan begitu pula Syufu
Taesyukan haruslah memahami tauhid yang benar dan jangan sampai
terjerumus kepada bid'ah dalam syara, karena ini merupakan ruh Thifan
dan termasuk salah satu janji tamid Thifan Po Khan.
Bandung, 16 Januari 2012
TAMID THIFAN PO KHAN
Abu bakar Sulaiman
* di ambil dari situs resmi http://www.thifanpokhan.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar