Namanya Muiz

" Liku-Liku Perjalalan Sang Perantau "

Sabtu, 04 Februari 2012

Tinta emas Ust A.D Elmarzdedeq

Kamis, 2 Februari 2012 08:24:24


Bismillaahirrahmaanirrahiim
PENGALAMAN PENULIS BERSAMA
AL-USTADZ MARZDEDEQ RAHIMAHULLAAHU TA'ALA

Thifan Po Khan dan Syufu Taesyukhan termasuk beladiri klasik yang masih 
terjaga keashliannya. Hal ini didukung oleh dua paktor :
1.    Faktor kesinambungan pengajaran,
2.    Ada kitab aslinya.

Penulis akan memaparkan beberapa pengalaman penulis berkenaan      
dengan       " KIPRAH AL-USTADZ MARZDEDEQ RAHIMAHULLAAHU 
TA'ALA DALAM MENGEMBANGKAN THIFAN PO KHAN DAN SYUFU 
TAESYUKHAN".

Penulis mulai kenal Thifan Po Khan ketika penulis mondok di Pesantren 
Persis Bentar Garut tahun 1987, dengan pembimbing Al-Ustadz Pupu. Pada 
waktu itu beliau pernah mengajak penulis bertemu Al-Ustadz Marzdedeq di 
Bandung dan itu perkenalan pertama penulis dengan Allaahu Yarham  Al-
Ustadz Marzdedeq.

Pada tahun 2005 penulis pernah mengalami cedra serius akibat latihan 
Thifan dan penulis bolak-balik berobat ke Allaahu Yarham Al-Ustadz 
Marzdedeq. Pada kesekian kali pengobatan, beliau memanggil penulis yang 
intinya supaya penulis belajar Thifan  langsung ke beliau dengan beberapa 
teman penulis yang tergabung dalam PERSUDARAAN THIFAN PO KHAN 
INDONESIA ( PTI ).

Al-Ustdaz Marzdedeq Rahimahullaahu Ta'ala merasa prihatin dengan 
perkembangan Thifan yang beliau rintis mulai tahun 1970, pada tahun 2005 
Thifan Po Khan di bawah beliau terpecah dalam beberapa wadah, kata 
beliau ketika itu sampai lebih kurang 18 aliran . Setelah beberapa kali kami 
belajar kemudian beliau mengundang beberapa kelompok Thifan, lalu beliau 
mencetuskan ide untuk menyatukan Thifan di bawah beliau dalam wadah  " 
PERAUDARAAN THIFAN PO KHAN INDONESIA ( PTI ). Ketika itu kami 
sepakat untuk menerima ide tersebut yang dituangkan dalam penandatangan 
bersama . Dalam perjalanannya ternyata pengaharapan Al-Ustadz 
Marzdedeq Rahimahullahu Ta'ala belum bisa dilaksanakan dengan baik. 
Pengharapan beliau yang utama adalah supaya tamid-tamid Thifan kembali 
kepada kitab Thifan Po Khan  dan begitu pula Syufu Taesyukhan. Keahlian 
beliau adalah dalam Thifan Po Khan adapun Syufu Taesyukhan beliau 
pernah belajar dan tidak selesai tetapi beliau mampu membaca kitab Syufu 
Taesyukhan.

Beberapa pengalaman penulis ketika belajar ke Al-Ustadz Marzdedeq 
Rahimahullaahu Ta'ala mulai tahun 2005 sampai wafatnya dan mudah-
mudahan ada hikmahnya bagi pembaca terutama tamid Thifan Po Khan dan 
Syufu Taesyukhan.
1.    Beliau sering membuka pembelajaran  kami dengan petuahnya 
terutama pada dua tahun pertama pembelajaran kami dengan beliau : " 
ARUNG-ARUNG SAMPAI DI UJUNG BERLAYAR SAMPAI DI TEPIAN" 
, maksudnya kalau belajar harus sampai selesai , kalau belajarnya 
setengah-setengah tidaklah bermamfaat atau sangat sedikit 
mamfaatnya baik bagi dirinya terlebih bagi orang lain. Beliau 
menjelaskan bid'ah dalam syara neraka, bid'ah dalam latihan celaka.
2.    Kitab Thifan telah menyebar kemana-mana dan tidaklah beliau hawatir 
dengan hal itu, karena untuk mempelajari kitab tersebut itu ada kunci-
kuncinya. Dalam pendahuluan kitab Thifan Po Khan dijelaskan : " 
Tiadalah sebarang orang dapat mengartikan atau mengkajinya bagi 
seorang awam dalam ilmu ini, maka ia harus empunya seorang 
pembimbing " . Maksud awam di sini tidak tahu cara menterjemahkan 
ilmu Thifan / kitab Thifan Po Khan.
3.    Beliau sangat marah ketika dikatakan latihan Thifan Po Khan ujung-
ujungnya turgul/kelahi. Beliau menukil ungkapan dalam muqodimah 
kitab Thifan Po Khan : " Semoga segala olah laku tamid itu tiada lepas 
dari tujuan suci mengikat diri pada tali Allaah mempertahankan Haq dan 
akan mereka yang mempergunakan ilmu ini pada jalan bathil  semoga 
terompang barahlah mereka itu .
4.    Beliau menjelaskan senam dan jurus Thifan Po Khan sudah baku tidak 
boleh dirubah-rubah  dan sebagai patokannya adalah Kitab Thifan Po 
Khan sendiri, demikian juga halnya dengan Syufu Taesyukhan. Ilmu 
Thifan demikian Syufu sudah diuji dalam berbagai peperangan 
sebelum dibukukan pada abad ke-16 M, jika kita merubahnya tidaklah 
pas karena orang dulu akan lebih baik dalam ilmu beladirinya. 
5.    Beliau menjelaskan setiap ilmu beladiri punya alur masing-masing 
dengan kata lain sudah satu paket. Tidak boleh menyatukan satu 
beladiri dengan beladiri lain sebab akan menyebabkan cedra bagi 
orang itu, termasuk juga menyatukan Thifan Po Khan dan Syufu 
Taesyukhan.
6.    Beliau menjelaskan latihan Thifan Po Khan boleh dari umur 10 tahun, 
kurang dari itu anak belum bisa diarahkan dan sangat bahaya kalau 
bermain yang ujungnya akan memukul dan menendang temannya. 
Adapun Syufu Taesyukhan   diajarkan kepada orang yang sudah 
berumur 18 tahun ke atas , punya perawakan badan yang kekar dan 
tingginya di atas rata-rata orang Melayu dan Cina sekitar 170 cm ke 
atas.
7.    Beliau menjelaskan setiap Tamid Thifan Po Khan begitu pula Syufu 
Taesyukan haruslah memahami tauhid yang benar dan jangan sampai 
terjerumus kepada bid'ah dalam syara, karena ini merupakan ruh Thifan 
dan termasuk salah satu janji tamid Thifan Po Khan. 

Bandung, 16 Januari 2012
TAMID THIFAN PO KHAN
Abu bakar  Sulaiman



* di ambil dari situs resmi http://www.thifanpokhan.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar